Minggu, 30 April 2017

Pengertian Time Value Of Money



BAB II
PEMBAHASAN
A.    Pengertian Time Value Of Money
Time value of money atau nilai waktu uang merupakan suatu konsep yang menyatakan bahwa nilai uang sekarang akan lebih berharga dari pada nilai uang masa yang akan datang atau suatu konsep yang mengacu pada perbedaan nilai uang yang disebabkan karena perbedaaan waktu.  Dalam memperhitungkan, baik nilai sekarang maupun nilai yang akan datang maka kita harus mengikutkan panjangnya waktu dan tingkat pengembalian maka konsep time value of money sangat penting dalam masalah keuangan baik untuk perusahaan, lembaga maupun individu. Dalam perhitungan uang, nilai Rp. $1.000 yang diterima saat ini akan lebih bernilai atau lebih tinggi dibandingkan dengan Rp. $1.000 yang akan diterima dimasa akan datang. Hal tersebut sangat mendasar karena nilai uang akan berubah menurut waktu yang disebabkan banyak factor yang mempengaruhinya seperti.adanya inflasi, perubahan suku bunga, kebijakan pemerintah dalam hal pajak, suasana politik, dll.
Dalam keuangan bisnis mapun pribadi,mungkin tidak ada satu konsep tunggal yang lebih kuat atau lebih banyak di gunakan selain konsep nilai waktu uang.Dalam bukunya yang terkenal .A Histori of Interest Rotes,Homer Sidney menyatakan bahwa bila $1,000 diinvestasikan selama 400 tahun dengan bunga 8 persen, uang itu akan menjadi $23 kuatrilium-sekitar $5 juta per orang di muk bumi. Ia tidak memberikan sebuah rencana  untuk membuat dunia kaya ,namun secara efektif ia menjelaskan kekuatan nilai waktu uang.[1]
            Nilai waktu uang tentu bukan sebuah konsep baru benjamin Franklin sudah sangat memahaminya ketika ia mewariskan masing-masing $1.000 kepada Boston Philadelphia. Dengan pemberiannya, ia meninggalkan intruksi agar kedua kota itu meminjamkan uang tersebut ,mengenakan suku bunga yang berlaku , kepada orang yang layak . kemudian uang itu diinvestasikan sedemikian ini selama 100 tahun, mereka harus digunakan sebagai untuk membangun sesuatu yang berguna bagi kota itu dan sebagian lagi di tahan untuk masa mendatang .Dalam 213 tahun  sesudahnya , pemberian ben ke Boston menghasilkan pembanguna frenklin union, membantu para mahasiswa kedoktera yang tidak terhitung jumlahnya denga pemberian pinjaman dan masih tetap mempunyai sisa $3 juta demikian pula philadelphia telah mendapatkan hasil yang besar ingatlah bahwa semua ini berasal dari kombinasi pemberian sebesar $2.000 dan bantuan serius dari nilai waktu uang .
            Kekuatan nilai waktu uang juga bisa diilustrasikan melalui kisah yang diceritan Andrew Tobias dalam bukunya Money Angles . dalam kisah itu , seorang petani memenagkan turnamen yang di seponsori raja .kemudian raja bertanya apa hadiah yang diinginkannya. Petani itu menjawab bahwa desanya, ia menginginkan sebutir biji-bijian ditempatkan pada kotak pertama dari papan caturnya dua butir pada kotak ketiga,delapan pada kotak ke empat,dan seterusnya. Karna menganggap mudah,raja berjanji untuk memenuhi permintaannya . sayangnya, ketika semua 64 kotak papan caturnya terisi, ada 18.5 juta butir gandum yang ada pada papan catur itu. Semuanaya merupakan kelipatan majemuk dengan tingkat 100 persen dalam 64 kotak papan catur. Tidak perlu di katakan lagi, tidak ada seorang pun di desa itu yang akan kelaparan, memang ada begitu banyak gandum sehingga bila setiap butir berukuran panjang seperempat inchi(menurut perkiraan Andrew Tobias),semuanya dapat menentang sampai ke matahari dan kembali lagi bolak balik sebanyak 391,320 kali.
            Pemahaman atas tehnik pemajemukan dan memeindahkan uang melalui waktu merupakan hal yang keritis bagi hampir setiap keputusan bisnis.ini juga akan membantu anda memahami beranekaragam nya situasi yang terjadi ketika saham dan obligasi nilai, seberapa banyak yang harus anda tabung untuk pendidikan cucu and. Dan seberapa banyak pembayaran hipotik yang bisa anda lakukan.
  1. Bunga Majemuk dan Nilai Masa Yang Akan Datang (Future Value)
Sebagian besar dari kita mengenal konsep bunga majemuk sejak usia muda. Siapapun yang pernah memiliki rekening tabungan atau obligasi pemerintah pasti akan mendapatkan bunga majemuk. Bunga majemuk terjadi ketika bunga yang dibayarkan selama periode pertama ditambahkan pada pokoknya; kemudian selama periode kedua , bunga yang diterima dihitung bedasarkan jumlah yang baru ini.
            Sebagai contoh ,misalnya kita memasukan $100kedalam tabungan dengan tingkat suku bunga majemuk 6 persen setiap tahunnya. Bagaiman pertambahan tabungan kita? Pada ahir tahun pertama ,kita sudah mendapatkan bunga 6 persen,atau $6 dari seteron awal sebesar $1000,memberikan jumlah baru dalam tabungan kkita sebesar $106.rumus matematikanyaakan menjelaskan hubungan ini adalah:
FV1=PV(1+i)
Di mana FV1=nilai masa depan (future value)investasi di ahir bulan
Di dalam contoh kita
            FV1=PV(1+I)
                   =$1000(1 + 0,06)
                   =$1000(1,06)
                   =$106
            Perhitungan ini akan memengaruhi periode selanjutnya, kita akan menerima pendapatan bunga sebesar 6 persen dari jumlah pokok yang besarnya $106, berarti kita memperoleh pendapatan bunga sebesar $6,36 pada tahun kedua. Mengapa kita mendapatkan bunga lebih banyak pada tahun kedua dibandingkan pada tahun pertama ?mudah saja,karna kita menerima bunga yang didapat dari jumlah pokok pinjaman awal atau nilai sekarang, dan bunga yang kita terima pada tahun pertama. Sebagai akibatnya, kita mendapatkan bunga dari bunga yang telah didapatkan pada tahun pertama-inilah yang di namakan konsep bunga majemuk. Melalui rumus matematika yang menjelaskan pendapatan bunga ditahun kedua,kita temukan persamaan dibawah ini:
            FV2 =FV1(1 +I)
Sebagai contoh:
            FV2 =$106(1,06)
                   =$112,36
            Kembali pada persamaan 5-1 kita dapat melihat bahwa FV1 atau $106,sebenarnya sama dengan PV(1 + I), atau $100(1+ 0,06). Jika kita masukan nilai ini ke dalam persamaan 5-2 dan kita akan mendapatkan:
            FV2 =PV(1 + I)(1+ I)
                   =PV (1 + I)
Pada tahun ketiga , kita akan mendapatkan uang tabungan sebesar $112,36 dan kita mendapat 6 persen atau sebesar $6,76,jumlah total rekening tabungan kita sebesar $119,10. Secara matematika
             FV3 =FV2(1 + I)
                    =$119,10
Jika kita masukan nilai FV2 persamaan 5-3 kedalam persamaan 5-4, maka kita akan mendapatkan:
            FV3 =PV(1 + i)(1 + i)(1 + i)
                   =PV(1 + I)3
Kini jelaslah sebuah pola terlihat. Kita dapat menggunakan rumus ini secara umum untuk mengilustrasikan nilai investasi yang dimajemukan pertahun dengan tingkat pertumbuhan i untuk tahun ke-n adalah sbb:
            FVn = PV(1 + i)n
Di mana FVn =nilai masa depan investasi di ahir n tahun
                  n=jumlah tahun di mana pemajemukan terjadi
                  i =tingkat suku bunga (diskonto) tahunan
               PV=nilai sekrang atau jumlah investasi awal pada awal tahun pertama
            Tabel 5-1 menggambarkan bagaimana investasi senilai $100 akan terus bertambah  untuk 10 tahun pertama dengan tingkat suku bunga majemuk sebesar 6 persen. Perhatikan jumlah bunga yang di dapatkan terus meningkat setiap tahunnya. Sekali lagi, alasan nya bahwa bunga yang diterima setiap tahun diperoleh dari jumlah investasi awal yang ditambah pendapatan bunga tahun lalu.
            Ketika kita mengamati hubungan antar jumlah tahun pemajemukan investasi awal dan nilai nilai masa depan nya , seperti yang ditunjukan pada Gambar  5-1, maka dapat dilihat bahwa pemajemukan investasi tersebut atau dengan tingkat suku bunga yang lebih tinggi. Kita juga dapat melihat hal ini pada persamaan 5-6, karena memajemukannya pada peningkatan nilai ‘i’ dan ‘n’ dengan PV konstan, akan mengakibatkan peningkatan nilai FVn.
            Ingatlah bahwa arus kas masa depan diasumsikan terjadi pada periode ahir selama arus kas itu dihasilkan. Sebagai contoh, jika arus kas sebesar $100 terjadi pada tahun kelima, diperkirakan arus kas yang terjadi pada ahir tahun ke-5, menjadi awal periode ke-6. Sebagai tambahan, arus kas yang terjadi pada waktu t = 0 saat ini, berarti nilai tersebut sudah dalam bentuk nilai sekarang .
Tabel 5-1 ilustrasi Penghitungan bunga majemuk
TAHUN
NILAI AWAL
BUNGA YANG DI DAPAT
NILAI AHIR
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
$100,00
106,00
112,36
119,10
126,25
133,82
141,85
150,36
159,38
168,95
$6,00
6,36
6,74
7,15
7,57
8,03
8,51
9,02
9,57
10,13
$106,00
112,36
119,10
126,25
133,82
141,85
150,36
159,38
168,95
179,08



GAMBAR 5-1 nilai masa depan tabungan awal sebesar $100 dan bunganya dimajemukkan paada 0,5 dan persen
Nilai masa depan (dolar)
                                                                                                                                                                    
          300                                                                                                                                                              
          250                                                                                                                                                                  10%
          200                                                                                                                                                  
          150                                                                                                                                                                   5%
          100                                                                                                                                                                   0%
            50                                                              
0              1              2              3              4              5              6              7              8              9              10
                                                                                                tahun
           CONTOH: Nilai Masa Depan dari Suatu Aliran Tunggal
Jika kita memasukan $1.000 dalam tabungan dengan tingkat suku bunga majeamuk 5 persen per tahun, berapa jumlah tabungan kita dalam waktu 10 tahun?masukan PV =$1.000,i = 5 persen, dan n =10 tahun kedalam persamaan, maka kita akan mendapatkannya:
FVnn        = PV(1+i)n
  =$1.000(1+0,05)10
=$1.000(1,62889)
=$1.628,89    
Dengan demikian, pada akhir tahun ke-10, kita akan mendapat $1. 628,89 dalam tabugan kita

Karna pennentuan nilai masa depan yang dapat menghabiskan banyak waktu dalam penghitungan jika investasi dalam beberapa tahun, faktor bunga nilai masa depan untuk ‘i’ dan ‘n’  (FVIFi,n), yang didefinisikan (1+i)”, telah dikumpulkan dibagian akhir buku ini, untuk beragam nilai ‘i’ dan ‘n’. Tabel singkat untuk bunga  majemuk atau nilai bunga masa depan dapat dilihat pada tabel 5-2, sedangkan fersi yang lengkap dari daftar tersebut dapat dilihat pada lampiran B akhir buku ini. Sebagai alternatif, nilai-nilai VFIFi,n’ bisa dihitung dengan mudah dengan kalkulatior. Ingatlah bahwa faktor pemajemukan pada tingkat ‘i’ diakhir priode tahun ‘n. Jadi, untuk FVIFi,n’ dengan menggunakan kalkulator atu tabel dalam lampiran B dan mengalikan jumlah waktu investasi awal ini. Jadi, dapat menulis kembali persaman 5-6 seperti dibawah ini
            VFn = PV(FVIFi,n)
TABEL 5-2 FVIFi,n  atau jumlah bunga majemuk dari $1
N
1%
2%
3%
4%
5%
6%
7%
8%
9%
10%
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
1,010
1,020
1,030
1,041
1,051
1,062
1,072
1,083
1,094
1,105
1,116
1,127
1,138
1,149
1,161
1,020
1,040
1,061
1,082
1,104
1,126
1,149
1,172
1,195
1,219
1,243
1,268
1,294
1,319
1,346
1,030
1,061
1,093
1,126
1,159
1,194
1,230
1,267
1,305
1,344
1,384
1,426
1,469
1,513
1,558
1,040
1,082
1,125
1,170
1,217
1,265
1,316
1,369
1,423
1,480
1,539
1,601
1,665
1,732
1,801

1,050
1,102
1,158
1,216
1,276
1,340
1,407
1,477
1,551
1,629
1,710
1,796
1,886
1,980
2,079
1,060
1,124
1,191
1,262
1,338
1,419
1,504
1,594
1,689
1,791
1,898
2,012
2,133
2,261
2,397
1,070
1,145
1,225
1,311
1,403
1,501
1,606
1,718
1,838
1,967
2,105
2,252
2,410
2,579
2,759
1,080
1,166
1,260
1,360
1,469
1,587
1,714
1,851
1,999
2,159
2,332
2,518
2,720
2,937
3,172
1,090
1,188
1,295
1,412
1,539
1,677
1,828
1,993
2,172
2,367
2,580
2,813
3,066
3,342
3,642
1,100
1,210
1,331
1,464
1,611
1,772
1,949
2,144
2,358
2,594
2,853
3,138
3,452
3,797
4,177

CONTOH:  Nilai Masa Depan Dari Anuitas
Jika kita menginvestasikan sebanyak $500 ke bank dengan tingkat bunga majemuk 8%  tiap tahun, berapa nilai investasi pada akhir tahun ke 7? Lihat tabel 5-2, pada baris n =7 dan kolom i = 8%, kita mendapatkan FVIF8%,7th dengan nilai 1,714. Masukkan dalam persamaan 5-6a, maka kita mendapatkan:
FVn = PV(FVIF8%,7th)
      = $500(1,714)
     = $857
Jadi, kita akan mempunyai $857 di akhir tahun ke-7
Kita akan menemukan beberapa penggunaan persamaan 5-6: kita tidak hanya akan mnemukan nilai masa depan dari investasi, tetapi kita juga dapat mencari nilai untuk PV, ‘i’ atau ‘n’. Ketika kita di beri tiga dari empat variabel, dan harus kita selesaikan untuk variabel yang ke-4

CONTOH: penyelesaian untuk N
Asumsikan bahwa Chrysler Company menjamin bahwa harga jeep yang baru selalu sebesar $20.000 dan anda ingin membelinya tetapi uang yang ada saat ini hanya $7.752. berapa tahun yang dibutuhkan agar investasi awal sebesar $7.752 bertambah menjadi $20.000, jika nilai ini diinvestasikan dengan tingkat bunga majemuk 9% per tahun? Kita dapat menggunakan masalah ini. Masukkan nilai ini kepersamanan 5-6a, maka kita akan mendapatkan:     
 FVn    =  PV(FVIFii,n)
$20,000 = $7.752(FVIF9%,nth)

$20,000        $7.752(FVIF9%,nth)
$7,752             $7.752
2,58 = FVIF9%,nth
Jadi jika kita lihat nilai 2,58 pada tabel FVIFi,n dan anda tau bahwa nilai tersebut harus berada pada kolom 9%. Untuk menyelesaikan pemecahan soal tersebut, lihatlah kolom 9% untuk nilai 2,58. Anda akan menemukan pada n = baris ke 11. Jadi, dibutuhkan waktu 11 tahun untuk investasi awal $7.752 bertambah menjadi $20.000 jika diinvestasikan dengan tingkat suku bunga majemuk95 per tahun.

CONTOH: Penyelesaian Untuk I
Sekarang kita akan menyelesaikan  tingkat pertumbuhan pada tingkat bunga majemuk setiap tahunnya, dan kita lihat kembali jeep yang harganya $20.000. dalam 10 tahun, anda ingin sekali mempunyai $20.000 untuk membeli jeep baru, tetapi anda hanya mempunyai $11.167 .pada tingkat bunga majemuk berapakah jika uang yang anda miliki sebesar $11.167 bertambah menjadi $20.000 dalam jangka waktu 10 tahun? Masukan variabel-variabel tersebut dalam persamaan 5-6 mak anda akan mendapaatkan:
            FVn = PV(FVIFi,n)
$20.000 = $11.167(FVIFi,10th)
$20.000             $11.167(FVIFi,10th)
$11.167               $11.167
z1,791 = FVIFi,10th
Anda tahu, anda sedang mencari di n = baris ke-10 dari tabel FVIFi,n  untuk nilai 1,791, dan anda menemukan pada i = kolom 6%. Jadi, jika anda ingin investasi awal anda sebesar $11.167 menjadi $20.000 dalam jangka 10 tahun, anda harus menginvestasikannya pada tingkat bunga majemuk sebesar 6%.

  1. Menghitung Pertumbuhan Uang Dalam Perjalanan Waktu Dengan Bantuan Kalkulator
Penghitungan nilai waktu uang dapat disederhanakan dengan bantuan kalkulator keuangan.Dalam memecahkan permasalahan nilai waktu uang  dengan kalkulatur keuangan,  anda akan di berikan tiga atau empat variabel dan harus  bisa memecahkan variabel yang ke empat. Sebelum memecahkan apa pun dengan menggunakan kalkulator keuangan , kita akan memperkenalkan lima kunci yang paling umum dalam penggunaan kalkulator.( dalam kebanyakan soal nilai waktu nilai uang, hanya empat dari kunci ini yang relevan) kunci-kunci  tersebut adalah:
N =  menyimpan( atau menghitung) jumlah total pembayaran atau periode pemajemukan
I/Y  =  menyimpan (atau menghitung) bunga atau tingkat diskonto
PV = menyimpan(atau menghitung) nilai skarang dari arus kas atau menghitung rangkaian arus kas
FV = menyimpan( atau menghitung) nilai masa dapan, yaitu jumlah nilai dolar dari arus kas akhir atau nilai majemuk dari arus kas tunggal atau rangkayan arus kas
PMT = menyimpan( atau menghitung) nilai setiap pembayaran tahunan yang di simpan atau diterima tiap akhir tahun
             Ketika anda menggunakan kalkulator keuangan, ingatlah bahwa arus kas keluar biasanya di masukan dengan angka negatif. Secara umum,  setiap soal mempunyai dua arus kas: satu, aruskas dengan nilai negatif dan yang satunya, arus kas masuk dengan nilai positif. Gagasan untuk menyimpan uang di bang pada waktu tertentu (arus kas keluar),dan sewaktu-waktu anda mengambil uang dari bank (aruskas keluar). Lagi pula setiap kalkulator bekerja sedikit berbeda dalam memasukan fariabel.jadi sangatlah jelas ini merupakan satu ide yang baik bagi anda untuk membiasakan diri  dengan bagaimana fungsi kalkulator anda secara cepat .
             Dalam beberapa permasalahan , anda akan diberikan tiga atau empat variabel. Ke empat fariabel ini selalu memasukan N dan I/Y; sebagai tambahan dua daritiga fariabel terakhir yaitu: PV, FV, dan PMT juga termasuk. Untuk menyelesaikan persoalan nilai waktu uang menggunakan kalkulator ke uangan , yang harus di lakukan adalah memasukan angka angka  dari tiga atau empat fariabel yg ada, kemudian tekan kunci fariabel akhir yang akan menghitung nilainya.merupakan ide yang baik juga  untuk memasukan nol  untuk beberapa dari lima fariabel  tidak yang termasuk dalam masalah supaya fariabel tersebut jelas.
              Sekarang mari kita selsaikan contoh berikut ini dengan menggunakan kalkulator keuangan. Kita akan menemukan pada tingkat bunga majemuk berapa uang sebesar $100 bertambah menjadi $179,10 dalam jangka setahun. Penyelesayan dngan menggunakan kalkulator adalah sebagai berikut:
Langkah Pertama: nilai-nilai masukan dari variabel yang diketahui
Masukan data
Tombol fungsi
Uraian
10
-100
179,10
0
N
PV
FV
PMT
Simpan N = 10 tahun
Simpan PV = -$100
Simpan FV = $179,10
Hapus PMT = 0

 Langkah kedua: menghitung variabel yang tidak diketahui
Kunci Fungsi
Jawaban
Uraian
CPT
I/Y

6,00%

Menghitung I/Y = 6,00%

                Beberapa persoalan yang ada pada bab dapat dengan mudah diselesaikan dengan menggunakan kalkulator keuangan,dan penyesaian masalah untuk beberapa soal dengam menggunakan kalkulator keuanagan Texas Instrumen (TI)BAII Plus Financial  yangdisediakan pada tepi halaman.jika anda menggunakan BAII Plus ,pastikan anda memilih “END MODE”dan”one paymen per year” (satu kali pembayaran pertahun)(P/Y=1). Hal ini meyatakan kondisi pembayaran,dengan pembayaran hanya dilakukan maksimum satu kali per priode yang terjadi di ahir priode tersebut.satu poin terahir; anda akan mengetahui bahwa menyelesailan soal dengan menggunakan tabel nilai sekarang dibandingkan menyelesaikan soal dengan menggunakan kalkulator akan sedikit berbeda –bila kita melihat dari hasil akan ada pada tabel-tabel tersebut.
  1. Bunga Majemuk Dengan Priode Non-Tahunan
Hingga saat ini, kita mengasumsi bahwa periode pemajemukan selalu dalam tahunan; namun, tidak selalu demikian, itu terbukti  pada tabungan dan pinjaman dari lembaga keuangan maupun bank komersial yang pemejemuknya dalam periode kuartalan dan bahkan dalam beberapa kasus di lakukan berdasarkan harian.untungnya, pengaturan periode pemajemukan berikut ini menggunakan bentuk yang sama dengan pemajemuk tahunan. Jika kita menginvestasikan uang untuk 5 tahun dengan tingkat majemuk 8 persen setiap setengah tahun, maka sebenarnya kita menginvestasikan uang kita selama 10 periode enam bulan , dimana kita akan mendapat bunga 4 persen setiap periode. Jika dimajemukan kuartalan, kita menerima 2 persen per priode untuk 20 periode tiga bulan. Tabel 5-3 menggambarkan beberapa hasil pemajemukkan non-tahunan. Contoh, jika anda menginvestasikan uang sebesar $100 dengan bunga 15 persen, anda akan mendapat setiap tahun lebih dari 5 persen jika di majemukan setengah tahunan, dan lebih dari  10 persen jika pemajemukan itu terjadi setiap hari. Proses ini mudah di hasilkan, dengan menggunakan rumus berikut, untuk mencari nilai masadepan infestasi yang dimajemukan dalam periode non-tahunan :   
Di mana FVn = nilai masa depan dari investasi pada akhir tahun ke-n
            n =jumlah tahun pemajemukan terjadi
            i =tingkat suku bunga setiap tahun (diskon to)
            PV  =nilai sekarang atau jumlah investasi awal pada awal tahun pertama
            m =berapa kali pemajemukan terjadi selama satu tahun
CONTOH: PEMAJEMUKAN NON-TAHUNAN
Jika kemasukan kita masukkan $100 dalam tabungan kita dengan tingkat bunga 12% di majemukkan setiap kuartalan, berapa pertumbuhan investasi kita di akhir tahun ke-5 ? masukkan n = 5, m = 4, i = 12% , dan PV = $100 dalam persamaan 5-7, kita akan mendapatkan :
       = $100(1=0,03)20
         = $100(1,806)
                   = $180,60
Jadi, kita akan mendapatkan $180,60 pada akhir tahun ke-5 perhatikan bahwa penyelesaian dengan kalkulator sedikit berbeda karna pembulatan pada tabel-tabel, seperti yang dijelaskan sebelumnya, dan dan berlaku juga untuk nilai negatif.

TABEL 5-3 nilai dari $100 yang dimajemukkan pada berbagai priode Non-tahunan
Untuk satu tahun pada I persen bunga    i =
2%
5%
10%
15%
Dimajemukkan tahun
Dimajemukkan setengah tahun
Dimajemukkan triwulan
Dimajemukkan bulanan
Dimajemukkan mingguan (52)
Dimajemukkan harian (365)
$102,00
  102,01
  102,02
  102,02
  102,02
  102,02
$105,00
  105,06
  105,09
  105,12
  105,12
  105,13
$110,00
  110,25
  110,38
  110,47
  110,51
  110,52
$115,00
  115,56
  115,87
  116,08
  116,16
  116,18
Untuk 10 tahun pada I persen bunga      i =
2%
5%
10%
15%
Dimajemukkan tahun
Dimajemukkan setengah tahun
Dimajemukkan triwulan
Dimajemukkan bulanan
Dimajemukkan mingguan (52)
Dimajemukkan harian (365)
$121,90
  121,02
  121,08
  121,12
  121,14
  121,14
$162,89
  163,86
  164,36
  164,70
  164,83
  164,87
$259,37
  265,33
  268,51
  270,70
  271,57
  271,79
$404,56
  424,79
  436,04
  444,02
  447,20
  448,03

Dengan jelas, pilihan tingkat suku bunga mempunyai peran penting dalam menentukan beberapa pertumbuhan investasi, tetapi apakah perubahan kecil pada tingkat suku bunga memberi pengaruh pada nilai masa depan? Untuk menjawab pertanyaan ini, mari kita lihat kembali pembelian dibandingkan 8 persen di majemukan setiap tahun pada akhir tahun 1626, maka mereka akan memiliki lebih dari $106 triliun pada akhir tahun 2004 (378 tahun) ini artinya 106 di ikuti dengan 15 angka 0, atau (106.000.000.000.000.000 kenyataannya, bahwa uang itu cukup membeli kembali tidak hanya satu pulau Manhattan. Tetapi seluruh dunia dan masih ada sisanya. Skarang anggaplah tingkat suku bunga trendah-katakanlah 6 persen. Dalam kasus ini, $24 hanya akan tumbuh $88,3 miliar- kurang dari 1/100 th  jika tingkat bunga 8 persen, dan hanya seperjuta  jika tumbuh pada tingkat bunga 10 persen.  Dengan harga real estate sekarang,  anda membutuhkan waktu yang lama untuk membeli manhattan, tetapi jika dapat, mungkin anda tidak dapat membayar pajak pajak anda. Maksutnya, tingkat suku bunga adalah sangat penting dalam suatu infestasi.[2]





BAB III
PENUTUP

Kesimpulan
            Time value of money atau nilai waktu uang merupakan suatu konsep yang menyatakan bahwa nilai uang sekarang akan lebih berharga dari pada nilai uang masa yang akan datang atau suatu konsep yang mengacu pada perbedaan nilai uang yang disebabkan karena perbedaaan waktu.  Dalam memperhitungkan, baik nilai sekarang maupun nilai yang akan datang maka kita harus mengikutkan panjangnya waktu dan tingkat pengembalian maka konsep time value of money sangat penting dalam masalah keuangan baik untuk perusahaan, lembaga maupun individu. Dalam perhitungan uang, nilai Rp. $1.000 yang diterima saat ini akan lebih bernilai atau lebih tinggi dibandingkan dengan Rp. $1.000 yang akan diterima dimasa akan dating
Sebagian besar dari kita mengenal konsep bunga majemuk sejak usia muda. Siapapun yang pernah memiliki rekening tabungan atau obligasi pemerintah pasti akan mendapatkan bunga majemuk. Bunga majemuk terjadi ketika bunga yang dibayarkan selama periode pertama ditambahkan pada pokoknya; kemudian selama periode kedua , bunga yang diterima dihitung bedasarkan jumlah yang baru ini.
           








DAFTAR PUSTAKA
1.      Fahmi Irham. Pengantar Manajemen pengkreditan, (Alfabeta:Bandung,20010)

2.      J.William Petty, Manajemen Keuangan:Prinsip Dan Penerapan, (Indonesia:PT Mancana Jaya Cemerlang,2008) Hal,145-152


[1] Fahmi Irham. Pengantar Manajemen pengkreditan, (Alfabeta:Bandung,20010)
[2] J.William Petty, Manajemen Keuangan:Prinsip Dan Penerapan, (Indonesia:PT Mancana Jaya Cemerlang,2008) Hal,145-152

Tidak ada komentar:

Posting Komentar